Thursday, March 17, 2011

Diogenes

sosok yang paling terkenal di Kaum Sinis asuhan Antisthenes, murid Socrates. diogenes konon hidup dalam sebuah tong. ia hanya punya sebuah mantel, tongkat, dan kantung roti. maka tidak mudah mencuri kebahagiaan darinya.

suatu hari ketika sedang duduk di samping tongkatnya menikmati cahaya matahari, dia dikunjungi oleh Alexander Agung. sang maharaja berdiri di hadapannya dan bertanya “apakah saya dapat melakukan sesuatu untuk membantumu, Diogenes?” kemudian Diogenes menjawab,”ya, bergeserlah kesamping, Anda menghalangi matahari. dengan demikian Diogenes dapat membuktikan bahwa dia tidak kalah bahagia dan kaya dibanding pria agung di hadapannya. dia telah memiliki semua yang dinginkannya.

Kaum Sinis percaya bahwa orang tidak perlu memikirkan kesehatan diri mereka. bahkan penderitaan dan kematian tidak boleh mengganggu mereka. pun mereka tidak boleh membiarkan diri tersiksa karena memikirkan kesengsaraan orang lain.

kini istilah “sinis” dan “sinisme” berarti ketidakpercayaan yang mengandung cemooh pada ketulusan manusia, dan kedua istilah itu menunjukkan ketidakpekaan terhadap penderitaan orang lain. seperti kata Socrates yang juga dipakai sebagai motto aliran filsafat Sinis,
”Betapa banyak benda yang tidak diperlukan”
Jostein Gaarder, Dunia Sophie-

sumber

No comments:

Post a Comment