Thursday, March 17, 2011

Pahlawan? Tanda Jasa?

pahlawan identik dengan seseorang yang ikhlas memperjuangkan sesuatu sampai mengrbankan dirinya. pahlawan orang biasa juga, tapi sungguh ia berbeda dari manusia biasa itu. walau bagaimanapun menyandang gelar pahlawan sangat berat dan tersisipi kebanggaan tersendiri untuk mengemban dan membuktikan bahwa legitimasi itu bukan hasil rekayasa atas baktinya.

secara sadar mungkin kita pernah melihat tayangan atau segala bentuk pemberitaan yang dilakukan oleh awak media menyiarkan tentang tindak keji seorang pahlawan. khususnya pahlawan tanpa tanda jasa! timbul pertanyaan dari sikap skeptis itu. masih ada pahlawan tanpa tanda jasa?
sandiwara kemunafikan?

tindakan asusila marak diberitakan oleh media massa. yaa mungkin inilah “balas jasa” yang menjadi pergeseran nilai yang dahulu benar-benar denotati tanpa balas jasa. sisi-sisi uang lun tidak kalah menarik untuk membalas “jasa” dari pahlawan tanpa tanda jasa itu.

namun, saya yakin bahwa silogisme dalam hal ini tidak mutlak terjadi. proses generalisir dari kasus ini tidak mutlak dipukul rata bagi semua pahlawan tanpa tanda jasa.

keyakinan itu mudah-mudahan ada yang membuktikannya.

“hanya guru sajakah pahlawan tanpa tanda jasa?”

sumber



No comments:

Post a Comment