Monday, March 21, 2011

Soekamti.com Masih Merdeka!!!

Tiitt.. ttuuuttt...tiiittt..tuuuttt... Tuuiiittttuuuiiittt...
Musik elektrik yang kaya gameboy itu jadi pembuka di album Soekamti.com. Ya, Endank Soekamti pertengahan 2010 lalu menelurkan album keempatnya yang diberi label Soekamti.com. Kenapa? Mungkin kita diajak main bareng anak-anak Kamtis ke webnya. Atau Lo pun Kamtis? Goodd !! hahaha..

Lantas apa yang ditonjolkan dari album ini? Album yang memiliki materi 15 lagu +1 lagu tersembunyi (hidden track) ini punya pembukaan #INTRO dan penutup #OUTRO, Endank Soekamti berhasil meracik album ini menjadi super duper okee... Lirik yang disajikan dalam album ini pun beragam. Ya, Beragam! Hebatnya mereka bisa meracik lagi lagu yang sepertinya udah ga jaman untuk dibikin misal:"Happy Birthday" di album ini adaa.. judulnya "Heavy Birthday" wah juaraa!!

Band punk pop asal Jogja ini juga berhasil membuat lagu bernuansa patriotrisme "Berkibar Tinggi". Alih-alih berasal dari Jogja dan mau ekspansi ke Indonesia dan luar negeri ngga bikin Soekamti ninggalin bahasa daerahnya boy. Bahasa Jawa di lagu "M.A.A.F" terselip kereenn !!! Penyajian yang ciamik ini bikin yang dengerin album ini jadi serasa di ajak keliling Jogja.. hahaha . (padahal gue orang jawa tapi ga tau artinya). Mayoritas lirik yang ada di album ini gue nilai banyak leluconnya. Cara mereka jadiin guyonan itu dalam bentuk musikalisasi keren banget !!! Tengok ke lagu "Satria Bergitar", ""Jurus Jitu", ama "Masih Merdeka".

Masih inget lagunya "Tenda Biru" punya sang maestro putus cinta Desy Ratnasari? Nah itu diracik lewat lagu "Masih Merdeka". Lagu ini mungkin lagu favorit gue di album ini. Lagu yang menceritakan kalo makhluk Tuhan yang belom nikah itu Masih Merdeka. Sekali lagi Masih Merdeka dan milik bersama. Simak penggalan liriknya nih.

http://www.soekamti.com/images/isi/uploads/4.-Soekamti.com_.jpg
...
Tak sengaja lewat rumahmu
belum juga ku melihat tenda birumu
selama janur kuning belum melengkung menghiasi

tetap kukejar sampai kau menunjukku

cincin emas belum melingkar
souvenir dan undangan pun belum tersebar
selama ijab dan kabul belum terlontar
akan kukejar walau ku lawan pendekar
kamu...kamu...jangan halangi aku
masih merdeka milik bersama
kamu...kamu...jangan sampai cemburu
yang belum resmi bodo amat pergi

...

Lagu bernuansa persahabatan, keluarga, dan satu-satunya akustik di album ini adalah "Long Live My Family". Kisah Klasiknya SO7 digodok pake bahasa yang ringan dan kena banget! Band yang digawangi Erix, Dori, Ari ini mengunggulkan lagu "Audisi" + "Semoga Kau di Neraka". Pernah mikir untuk ngadain audisi buat pasangan? Nah, dengerin dah lagi ituu.. hahahaa.. Over all, semua lagu ini pasti ngasih kesan sendiri buat lo yang dengerin. So, masalah apa lagi yang ga dibahas di album mereka?

SID punya Outsiders, Endank Soekamti punya Kamtis.. Mari putar "Kamtis Part 2"!!!!

*Ga ada salahnya membuat review album yang udah hampir setahun yah... hahahaha

-GKA






No comments:

Post a Comment